Dinamika Perkembangan Busana Muslim

Busan muslim dan muslimah sudah bukan lagi barang baru di Indonesia mengingat Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Bahkan tak hanya itu, ia juga ternyata mengalami perkembangan tren dari masa ke masa. Busana muslim khususnya muslimah telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal mode, tak hanya di Indonesia tapi di luar negeri.

Hal ini menjadi penanda bahwa dunia fashion dalam islam juga memiliki inovasi yang cukup bagus. Jumlah pemeluk yang banyak dari seluruh dunia sangat mendukung munculnya para desainer desainer yang handal, tak hanya di desainer barat atau non muslim. Hal ini juga dilatarbelakangi dengan adanya syariat dalam islam untuk menutup aurat bagi para perempuan. Semakin banyaknya kesadaran akan hal itu, maka tren busana muslim pun berkembang secara bertahap.

Dahulu sekitar dua puluh tahun lalu, busana muslim hanya dipakai saat acara ritual keagamaan saja. Dengan beberapa alasan, busana muslim masih belum banyak diminati waktu itu. Alasan yang utama adalah masih kuatnya pengaruh budaya barat pasca kemerdekaan dan masih minimnya pengetahuan tentang syariat di kalangan pemeluk islam yang masih muda. Dari situ muncul stigma bahwa memakai busana muslim adalah kuno dan sebagainya.

Seiring waktu berlalu, keadaan ini perlahan berubah. Dengan semakin gencarnya pendidikan dan pembinaan terhadap generasi muda pemeluk islam sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hukum syariat menutup aurat. Meskipun masih ada perbedaan dalam hal ini, namun tidak begitu berpengaruh. Berangkat dari situ, perlahan tren busana muslim mulai muncul satu persatu.


Keadaan yang demikian menarik perhatian banyak orang sehingga menjadi tren baru utamanya di kalangan muda mudi. Tak pelak, pamor busana muslim pun melambung tinggi sehingga berhasil dilirik oleh desainer. Hal ini dilihat sebagai lahan baru yang akan sangat menjanjikan bagi di dunia fashion. Para desainer pun berlomba lomba untuk membuat karya baru untuk mengikuti tren dan memikat perhatian dari para muslimah. Demikian juga mulai muncul desainer desainer muda dan baru yang memanfaatkan momen ini.

Hal yang paling menarik dari busana muslim ini adalah ada begitu banyak model yang bisa dikembangkan. Bayangkan saja, pada diri muslimah setidaknya harus melekat dua jenis pakaian utama yaitu jilbab dan gamis. Dari dua jenis pakaian ini pun lahir banyak jenis model yang berbeda beda. Sedangka pada pria muslim, umumnya melekat baju koko dan kopiah, belakangan muncul celana yang dikenal dengan sirwal, yaitu celana do atas mata kaki. Selain dari pakaian pokok itu, masih banyak yang lain seperti niqab bagi perempuan dan sorban bagi lelaki.

Hal ini tentu menjadi pangsa pasar bagi desainer. Ada banyak jenis aksesoris busana muslim yang bisa menjadi lahan bisnis baru bagi para desainer dan produsen. Melihat peluang in, banyak kemudian para desainer yang berubah haluan untuk mempelajari desain busana muslim. Hal ini karena demikian pesatnya perkembangan busana muslim di era ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *